Yogyakarta, dispertaru.jogjaprov.go.id Dinas Pertanahan dan Tata Ruang DIY mensosialisasikan Peraturan Daerah Istimewa (Perdais) DIY Nomor 2 Tahun 2017 tentang Tata Ruang Tanah Kasultanan dan Tanah Kadipaten pada SKPD-SKPD di Kabupaten Kulon Progo dan Kabupaten Gunungkidul. Kegiatan sosialisasi ini merupakan kelanjutan dari sosialisasi Perdais DIY yang telah dilakukan pada bulan Mei lalu.

Sosialisasi Perdais DIY Nomor 2 Tahun 2017 tahap II dilaksanakan selama 2 hari pada Rabu (04/07) dan Kamis (05/07). Pada hari pertama, Dinas Pertanahan dan Tata Ruang (Dispertaru) DIY melakukan sosialisasi pada SKPD-SKPD Pemerintah Kabupaten Kulon Progo di Aula Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman (DPUP KP) Kabupaten Kulon Progo.

Dalam kesempatan tersebut, Dra. Yoesi Rosnidar, Kepala Bidang Pengaturan dan Pembinaan Tata Ruang Dispertaru menjelaskan mengenai Perdais DIY Nomor 2 tahun 2017 tentang Tata Ruang Tanah Kasultanan dan Tanah Kadiapten. Pembicara kedua, Agung Purnomo, S.Pd., M.Si, perwakilan dari Dispertaru Kabupaten Kulon Progo, menerangkan tentang perencanaan tata ruang dalam pengembangan Kabupaten Kulon Progo tahun 2018-2023.

Pada hari kedua, sosialisasi Perdais DIY Nomor 2 Tahun 2017 dilaksanakan di Ruang Rapat Dinas Pertanahan dan Tata Ruang Kabupaten Gunungkidul dengan menghadirkan pembicara Dra. Yoesi Rosnidar dan Jatmiko Sutopo, perwakilan dari Dispertaru Kabupaten Gunungkidul.

Secara garis besar, Dra. Yoesi Rosnidar menjelaskan mengenai Perdais DIY Nomor 2 tahun 2017 tnetang Tata Ruang Tanah Kasultanan dan Tanah Kadipaten. Sedangkan Jatmiko Sutopo menerangkan tentang RTRW Kabupaten Gunungkidul dan profil satuan ruang strategis Tanah Kasultanan dan Tanah Kadipaten di Kabupaten Gunungkidul. Selain itu, beliau juga menjelaskan tentang rencana pengembangan satuan ruang strategis di kawsana Sokoliman, Karst Gunungsewu, dan Pantai Selatan Gunungkidul.

Sosialisasi tahap II ini dihadiri oleh Kepala Instansi atau yang mewakili serta Camat-camat di Lingkup Kabupaten Kulon Progo maupun Kabupaten Gunungkidul. Pada kesempatan tersebut dibagikan pula Buku Himpunan Undang-Undang dan Peraturan Daerah Istimewa Daerah Istimewa Yogyakarta tentang Tata Ruang 2018 bagi seluruh peserta sosialisasi. Diharapkan dengan adanya sosialisasi ini, masyarakat dapat mengetahui tentang Perdais DIY Nomor 2 tahun 2017 dan memanfaatkannya untuk pengembangan kebudayaan, kepentingan sosial dan kesejahteraan masyarakat.